Search In This Blog

Tuesday, May 10, 2011

Nitrogen - N

Nitrogen ini merupakan jenis yang paling banyak di jumpai di udara bebas, sifatnya gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya.
Sedangkan peranan utama Nitrogen (N) bagi tanaman adalah untuk merangsang pertumbuhan secara keseluruhan,khususnya, Batang, Cabang dan Daun. Selain itu, Nitrogen pun berperan penting dalam pembentukan Hijau Daun yang sangat berguna dalam proses fotosintesis. Fungsi lainnya ialah membentuk protein, lemak dan berbagai persenyawaan organik lainnya.


Gejala kekurangan Nitrogen
Tanah yang kekurangan nitrogen menyebabkan tanaman tumbuh kerempeng dan tersendat sendat. Daun menjadi hijau muda, terutama daun yang sudah tua, lalu berubah jadi kuning selanjutnya daun mengering mulai dari bawah kebagian atas. Jaringan-jaringannya mati, mengering, lalu meranggas. Bila tanaman setempat berbuah, buahnya akan tumbuh kerdil kekuningan dan lekas matang. Kalau pada tanah tersebut tidak diberi pupuk yang mengandung unsur nitrogen maka selamanya tanaman akan tumbuh seperti dijelaskan di atas.


Akibat Kelebihan Nitrogen
Namun, bila kelebihan Nitrogen (N) akan membuat sel tumbuhan menjadi Giant Cell, Yaitu suatu kondisi di mana ukurannya mengembang menjadi sangat besar lantaran rongga vakuola - bagian dalam sel yang berfungsi mencerna makanan dan menyimpan garam-garam mineral - penuh terisi air.


Sumber Unsur Nitrogen - (N)
ZA - Zwavelzure Amoniak - Amonium Sulfat - NH4SO4
Zwavelzure Amoniak adalah istilah dalam bahasa Belanda yang artinya Amonium Sulfat (NH4SO4) dengan komposisi sebagai berikut :
NH4 - 20,8%
SO4 - 23,8%


Amonium Nitrat - NH­­4NO3
Urea


Tips :
- Nitrogen Nitrat (NO3) baik untuk tanaman hortikultura dan buah
- Nitrogen Nitrat (NO3) tidak begitu optimal jika diterapkan pada padi bila dibandingkan dengan Amonium Sulfat (NH4SO4)

No comments:

Post a Comment