Search In This Blog

Tuesday, May 10, 2011

Khasiat Bawang Putih untuk Tanaman

Setelah saya baca blognya mas Yusuf langsung saya teringat dengan artikel tentang Bawang putih yang terdapat pada Trubus Info Kit Vol 9, dengan judul : "Hama dan Penyakit Tanaman - Deteksi Dini & Penanggulangan" berikut ulasannya :
Aliin, senyawa aktif bawang putih, sebenarnya tidak berbau. Namun kalau terkena sulfur (S) / Belerang, aliin segera berubah menjadi alisin. Alisin itulah yang berbau khas bawang putih. Bau alisin tidak disukai banyak orang (termasuk istri saya hahahaha...), sampai dimitoskan sebagai pengusir drakula. Dan tidak hanya manusia, seranggapun  juga sebal dengan baunya.
Aroma tajam menyengat yang dikeluarkan alisin membuat hama enggan mendekat. Selain tidak disukai ,alisin berakibat buruk terhadap sistem koordinasi mereka. Penggunaan alisin dari bawang putih tidak akan memunculkan resistensi karena baunya saja sudah membuat serangga enggan mendekat.
Alisin memblokade pembentukan enzim sehingga metabolisme bakteri mandek. Ujung-ujungnya pertumbuhan si bakteri terhambat sampai akhirnya mati. Terhadap cendawan parasit, zat bernama resmi dialil tiosulfinat ini tak kalah ampuh. Semua enzim berbahan belerang yang dibuat oleh cendawan bakal lumat oleh alisin. Akhirnya enzim itu menjadi sampah tak berguna sampai akhirnya cendawan habis terurai kehabisan belerang.

No comments:

Post a Comment