Search In This Blog

Sunday, April 17, 2011

Insektisida

Pestisida jenis ini membunuh serangga, hama. Menurut cara kerja, insektisida terbagi atas Sistemik, Nonsistemik, dan sistemik lokal. Sedangkan cara masuknya dibedakan menjadi racun kontak, racun lambung,  dan racun pernafasan. Bahan aktif yang sering digunakan antara lain dari golongan avermektin, karbamat dan organofosfat dengan merek dagang seperti : Proclaim 5 SG, Karbasin 500 EC atau Perfekthion 400 EC.

Untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam organosfat silahkan kunjungi www.pesticideinfo.org



Racun kontak 
Pestisida ini akan bekerja dengan baik jika terkena atau kontak langsung dengan hama sasaran dan tidak begitu efektif untuk mengendalikan hama yang berpindah-pindah dan terbang, kecuali jika serangga jenis ini hinggap pada tanaman yang masih menyimpan residu pestisida sehingga kontak antara serangga dan pestisida.

Racun lambung
Racun yang terdapat dalam pestisida ini baru bekerja jika bagian tanaman yang telah disemprot dimakan oleh hama sehingga racun yang ada pada permukaan daun ikut termakan


Racun pernapasan
Cara kerja racun pernafasan hanya dimiliki oleh insektisida dan rodentisida. Pestisida jenis ini dapat membunuh serangga jika terhisap melalui organ pernafasan. Racun ini sering juga disebut sebagai racun fumigan dan sering digunakan untuk mengendalikan hama gudang.

Racun sistemik 
Racun sistemik setelah disemprotkan atau ditebarkan pada bagian tanaman yang terserap ke dalam jaringan tanaman melalui akar dan daun sehingga dapat membunuh hama yang ada dalam jaringan tanaman seperti jamur dan bakteri.

No comments:

Post a Comment